Just another WordPress.com site

Artist VS Talent

ImageImage

Apa sih yang lo liat dari sebuah film atau acara musik selain format dari acaranya atau genre filmnya? mungkin mayoritas dari kita semua nih bakal ngejawab bintang filmnya dong. Ngga berarti ngesampingin hal-hal teknis seperti alur cerita, teknik pengambilan gambar, dll. Tapi memang bintang film atau pengisi acara dalam sebuah program hiburan adalah magnet yang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menarik kita untuk datang dan menonton sebuah acara. Ngga jarang, bahkan banyak orang yang fanatik ama seorang pesohor atau sebuah grup tanpa melihat sebuah acara yang membungkus mereka dalam sebuah alur cerita atau rundown acara. ngga ada salahnya banget kok. Orang-orang seperti inilah – yang biasa disebut fans oleh media – justru adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam membesarkan atau malah sebaliknya membuat pesohor tersebut tenggelam. Tapi bukan itu yang pengen gue omongin. Yang gue pengen omongin banget adalah,dengan sebutan apa sih kebanyakan orang memanggil orang terkenal atau pesohor yang dikagumi dan dipuja-puja banyak orang tersebut?? Kayaknya sih, kebanyakan orang saat ini memanggil orang dari kalangan tersebut dengan sebutan artis atau selebritis. 

Artis dan selebritis adalah istilah yang lekat banget dengan sosok orang/grup yang terkenal, kondang, populer atau apapun itu yang dikagumi dan dipuja banyak orang. Tapi kok gue ngerasa belakangan ini penyematan label artis jadi agak rancu atau salah kaprah ya? Agak sedikit bermain-main dengan bahasa nih, artis atau artist dalam bahasa inggris berasal dari kata art yang berarti seni. Jadi, kalo digabungin dengan imbuhan -ist, sama dengan pekerja seni atau orang yang kerjanya berhubungan ama seni. Bisa jadi seni peran, seni musik, seni lukis, seni tari, atau cabang seni lainnya.

Orang-orang seperti inilah – yang biasa disebut fans oleh media – justru adalah orang-orang yang bertanggung jawab dalam membesarkan atau malah sebaliknya membuat pesohor tersebut tenggelam.

Tapi bukan itu yang pengen gue omongin. Yang gue pengen omongin banget adalah,dengan sebutan apa sih kebanyakan orang memanggil orang terkenal atau pesohor yang dikagumi dan dipuja-puja banyak orang tersebut?? Kayaknya sih, kebanyakan orang saat ini memanggil orang dari kalangan tersebut dengan sebutan artis atau selebritis.

Artis dan selebritis adalah istilah yang lekat banget dengan sosok orang/grup yang terkenal, kondang, populer atau apapun itu yang dikagumi dan dipuja banyak orang.

Tapi kok gue ngerasa belakangan ini penyematan label artis jadi agak rancu atau salah kaprah ya? Agak sedikit bermain-main dengan bahasa nih, artis atau artist dalam bahasa inggris berasal dari kata art yang berarti seni. Jadi, kalo digabungin dengan imbuhan -ist, sama dengan pekerja seni atau orang yang kerjanya berhubungan ama seni. Bisa jadi seni peran, seni musik, seni lukis, seni tari, atau cabang seni lainnya.

Image

Jadi, kalo disimpulin, seorang artist adalah seorang atau sekelompok orang yang bergerak dan tentunya mengerti mengenai seni yang digelutinya. Sebut saja nih, legenda seni lukis affandi adalah seorang artist di seni lukis karena beliau terkenal dengan karya-karya masterpiecenya dan dikagumi banyak orang. Atau mungkin Denny Malik yang bisa disebut sebagai seorang artist karena dia mampu menciptakan beragam koreografi tari tergantung request kita.

Nah, contoh yang mungkin paling up to date adalah tattoo artist! hayo, menurut lo apa artinya? apakah seorang yang terkenal dan bertato? dari susunan bahasanya aja sudah ngga mungkin dong. Pastinya lo pade udah pada tau kalo pengertian tattoo artist adalah seorang yang gape dalam hal tattooing atau melakukan seni rajah tubuh yang lagi digandrungi banyak orang belakangan.

Gue kasih sebuah definisi lain mengenai artist yang menurut gue adalah sebuah definisi yang dipake dalam penyematan label artis belakangan (yang menurut gue nih, salah kaprah).

Artist = orang yang mencari penghasilan lewat publisitas diri lewat berbagai macam media khususnya TV, walaupun mereka sama sekali tidak mengerti tentang seni.

Kalo gue bilang, ini definisi menurut pekerja infotainment di indonesia saat ini. Mereka dengan suksesnya telah mencampuradukkan pengertian artist dengan pengertian selebritis yang sebenernya justru lebih cocok.

Kalo kita make definisi ini, maka seorang addie ms ngga bisa disebut artist padahal mas addie jago dalam mengaransemen musik. musik seni juga dong..Atau bahkan seorang WS Rendra bukanlah seorang artist padahal beliau terkenal karena aktingnya. Akting bagian dari seni peran loh??!!

Nah, ngga berarti gue nyalahin nih, gue justru mencoba ngasi jalan keluar supaya kita keluar dari kesalahkaprahan tersebut.

Kalo menurut gue, kata TALENT, mungkin bisa lebih pas menggambarkan dan merangkum semuanya. Kenapa gue pilih talent, karena dari pengertiannya yaitu seseorang atau grup yang memiliki BAKAT spesial (gifted atau trained) yang dari bakatnya tersebut bisa dimanfaatkan untuk produktivitas. Lebih luas bukan?

Lo bisa masukin banyak profesi deh dalam istilah ini. Contoh: Djenar Maesa Ayu (bakat menulis), NIDJI (bakat musik), Tora Sudiro (bakat seni peran), Andi Malarangeng (bakat menganalisa politik), Denny Malik (bakat menari), Bambang Pamungkas (bakat olahraga), Pawang Monyet (bakat mengendalikan monyet) etc. Gimana, lebih aman kan?

Jadi kalo menurut gue nih, kita kembaliin penyebutan kata artist kepada orang yang layak menyandangnya, dan pake aja istilah selebritis untuk orang yang populer. Dan..gunakan istilah Talent buat orang-orang yang memiliki bakat di bidang yang mereka geluti. Supaya ngga katro sob!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: